PSIKOLOGI GESTALT DAN KOGNITIF
Halo
teman-teman. Jadi di blog terakhir semester 1 ini saya akan membahas mengenai
materi Psikologi Gestalt dan Kognitif. Sebelumnya kenalin saya Zira Ajeng
Ervianza dengan No. BP 2210322050. Selamat membaca🙌
Dosen Pengampu
: Ibu Diny Amenike, M.Psi, Psikolog
PSIKOLOGI GESTALT
AWAL MULA PSIKOLOGI GESTALT
IMMANUEL KANT (1724-1804)
Kant dan Gestalt memercayai bahwa pengalaman sadar
tidak dapat direduksi menjadi rangsangan sensorik dan pengalaman sadar akan
berbeda dari unsur-unsur yang menyusunnya. Menurut Kant dan Gestaltists ada
perbedaan antara persepsi dan sensasi, itu karena otak kita mengubah pengalaman
pribadi menjadi lebih terstruktur dan terorganisir sehingga lebih bermakna dari
seharusnya. Maka, informasi sensorik dihasilkan dari sifat dasar otak dan tidak
tergantung pada pengalaman.
ERNST MACH (1838-1916)
Mach menyatakan dua persepsi tidak bergantung pada
elemen tertentu yang menyusunnya, contohnya bentuk ruang dan bentuk waktu. Mach
menyimpulkan bahwa berbagai macam elemen sensorik dapat menimbulkan persepsi
yang sama. Oleh karena itu, setidaknya beberapa persepsi tidak bergantung pada
kelompok elemen sensorik tertentu.
CHRISTIAN VON EHRENFELS (1859-1932)
Bersama dengan Mach, mereka percaya bahwa elemen
sensori sering menggabungkan dan menimbulkan untuk pengalaman bentuk. Dan
unsur-unsur tersebut tetap diperlukan dalam menentukan persepsi keseluruhan.
WILLIAN JAMES (1842-1910)
James mengatakan bahwa pencarian Wundt akan
elemen-elemen kesadaran bergantung pada pandangan yang artifisial dan menyimpang
dari kehidupan mental. Daripada memandang pikiran terdiri dari elemen-elemen
mental yang terisolasi, James lebih mengusulkan tentang aliran kesadaran.
Dari psikologi Gestalt ini dapat dilihat bahwa
psikologi Tindakan akan memengaruhinya, terlihat dari pendiri psikologi gestalt
yaitu Wertheimer, Koffka, dan Kohler. Pada psikologi ini kita juga akan melihat
perkembangan fisika yaitu pada psikologi teori lapangan.
PENDIRI PSIKOLOGI GESTALT
MAX WETHEIMER (1880-1943)
Ide Wetheimer adalah bahwa persepsi kita terstruktur
dengan cara yang tidak dimiliki oleh stimulasi sensorik. Yang berarti persepsi
kita berbeda dengan sensasi.
KURT KOFFKA (1886-1941)
Koffka menulis artikel mengenai psikologi gestalt
“Persepsi : Pengantar Gestalt-Theorie” yang berisi tentang persepsi, masalah
filosofis serta dalam pembelajaran dan pemikiran. Artikel ini menyebabkan
keliruan bagi Psikologi AS karena menganggap Gestalt hanya tertarik dengan
persepsi saja padahal itu hanya untuk serangannya terhadap Wundt.
WOLFGANG KOHLER (1887-1967)
Kohler membahas hubungan antara teori lapangan dalam
fisika dan psikologi gestalt dalam bukunya yang berjudul “Dinamika dalam
Psikologi”. Psikologi gestalt menjadi sangat berpengaruh di AS, saat Kofka
berada di Smith College, Kohler berada di Swarthmore, dan Wertheimer
berafiliasi dengan Sekolah Baru untuk Penelitian Sosial.
ISOMORFISME DAN HUKUM PRAGNANZ
PENERAPAN TEORI LAPANGAN
Menurut Gestaltists, otak mengandung bidang
terstruktur dari kekuatan elektrokimia yang ada sebelum stimulasi sensorik. Apa
yang kita alami secara sadar dihasilkan dari interaksi data sensorik dan medan
gaya di otak. Bidang aktivitas otak mengubah data sensorik dan memberikan
karakteristk data. Dapat disimpulkan, keseluruhan (medan gaya elektrokimia di
otak) ada sebelum bagian-bagian (sensasi individu) dan memberikan makna pada
bagian-bagian tersebut.
ISOMORFISME
PSIKOFISIK
Gestaltist
memperkenalkan konsep isomorfisme psikofisik, yang dijelaskan Köhler sebagai
berikut: “Tatanan yang berpengalaman dalam ruang selalu structural secara
identik dengan tatanan fungsional dalam distribusi proses otak yang
mendasarinya” (1929/1970, hal. 61). Gagasan Gestalt tentang isomorfisme
menekankan fakta bahwa medan gaya di otak mengubah data sensorik yang masuk dan
data itu merupakan data yang dialami secara sadar. Kata isomorfisme berasal
dari bahasa Yunani iso ( "Serupa") dan morfik ( "bentuk"). Mereka
mengatakan bahwa bidang persepsi disebabkan oleh pola aktivitas otak yang
mendasarinya. Meskipun pola pola persepsi dan aktivitas otak mungkin memiliki
beberapa kesamaan, tetapi keduanya memiliki domain yang berbeda dan tidak dapat
identic.
Dengan
konsep isomorfisme, Gestalt menentang hipotesis keteguhan. Gestaltist memandang
otak sebagai konfigurasi dinamis kekuatan yang mengubah informasi sensorik.
Mereka percaya bahwa data sensorik yang masuk berinteraksi dengan medan
kekuatan di dalam otak yang menyebabkan medan aktivitas mental menjadi
konfigurasi yang terorganisir.
Menurut
Gestalt, aktivitas otak yang terorganisir mendominasi persepsi kita, bukan
rangsangan yang masuk ke dalam aktivitas tersebut. Sehingga keseluruhan lebih
penting daripada bagian-bagiannya. ( dari atas ke bawah atau top down).
HUKUM
PRAGNANZ
Prägnanz
mengacu pada esensi atau makna akhir dari sebuah pengalaman. Informasi sensorik
mungkin terpecah-pecah dan tidak lengkap, tetapi ketika informasi itu
berinteraksi dengan medan kekuatan di otak, pengalaman kognitif yang dihasilkan
menjadi lengkap dan terorganisir. Hukum Prägnanz menegaskan bahwa semua
pengalaman kognitif cenderung teratur, simetris, sederhana, dan teratur
sebagaimana mestinya, mengingat pola aktivitas otak pada saat tertentu.
KETETAPAN PERSEPTUAL
Keteguhan perseptual mengacu pada cara
kita menanggapi objek seolah-olah mereka sama, meskipun rangsangan aktual yang
diterima indra kita mungkin sangat bervariasi. Köhler, menegaskan bahwa
ketetapan adalah cerminan langsung dari aktivitas otak, bukan hasil dari
sensasi atau pembelajaran.
PERSEPTUAL GESTALTEN
HUBUNGAN
GAMBAR-DARAT
Pembagian
bidang perseptual menjadi dua bagian yaitu gambar (yang jelas , teratur, dan
merupakan objek perhatian) dan latar (yang tersebar dan terdiri dari segala
sesuatu yang tidak diperhatikan).
PRINSIP
GESTALT DARI ORGANISASI PERSEPTUAL
1. PRINSIP
KONTINUITAS
Beberapa titik terlihat cenderung ke arah yang sama,
sehingga akan direspon sebagai konfigurasi. Kebanyakan orang akan menggambarkan
gambar ini sebagai terdiri dari dua garis lengkung.
2. PRINSIP
KEDEKATAN
Ketika rangsangan berdekatan, mereka cenderung dikelompokkan
bersama sebagai unit persepsi.
3. PRINSIP
INKLUSIVITAS
Bila ada lebih dari satu gambar, kemungkinan besar kita akan
melihat gambar yang berisi rangsangan paling banyak. Maksudnya, jika terdapat
gambar kecil yang tertempel di gambar yang lebih besar, kemungkinan kita akan
gambar yang lebih besar daripada yang kecil.
4. PRINSIP
KESAMAAN
Objek yang memiliki kesamaan dalam beberapa hal cenderung
membentuk unit persepsi.
5. PRINSIP
PENUTUPAN
Terdapat gambar yang tidak lengkap tetapi kita akan tetap
menganggapnya sebagai gambar yang lengkap.
REALITAS SUBJEKTIF DAN OBJEKTIF
Koffka membedakan antara lingkungan
geografis dan perilaku. Lingkungan geografis adalah lingkungan fisik, sedangkan
lingkungan perilaku adalah interpretasi subjektif dari lingkungan geografis. Realitas
subjektif kita akan mengatur tindakan kita lebih dari lingkungan fisik.
PENJELASAN PEMBELAJRAN GESTALT
PERCOBAAN
DAN KESALAHAN KOGNITIF
Keseimbangan
bisa terganggu dengan adanya masalah. Biasanya, seseorang memecahkan masalahnya
secara perseptif dengan melihati lingkungan dan secara kognitif mencoba satu
solusi yang mungkin akan mencapai solusi. Jadi, para Gestaltist menekankan
kognitif trial and error sebagai lawan perilaku coba-coba.
PEMBELAJARAN
BERWAWASAN
AHA moment = kondisi dimana kita mendapatkan ide atau
penyelesaian dari suatu masalah setelah step back atau dalam kondisi lebih
tenang (incubation) dari sebelumnyai namun seolah-olah spontan.
Incubation = step back, take a break, terlihat sedang
tidak melakukan apapun tetapi otak tetap bekerja
Pembelajaran
berwawasan biasanya dianggap memiliki empat karakteristik:
1. Transisi
dari presolution ke solusi tiba-tiba dan lengkap;
2. Kinerja
yang didasarkan pada solusi yang diperoleh melalui wawasan biasanya mulus dan
bebas dari kesalahan
3. Solusi
untuk masalah yang diperoleh dengan wawasan dipertahankan untuk jangka waktu
yang cukup lama
4. Prinsip
yang diperoleh dengan wawasan mudah diterapkan pada masalah lain
TRANSPOSISI
Belajar
terjadi ketika suatu prinsip pemecahan masalah dalam satu situasi diaplikasikan
kedalam masalah yang lain. Menurut Behavioris pandangan mereka tentang koneksi
S-R pada proses belajar disebut sebagai absolute theory. Sedangkan gestalt
lebih menekankan perbandingan antara dua stimuli dan pendapatnya disebut
Relational Theory.
BERPIKIR
PRODUKTIF
Wertheimer
menyimpulkan tentang pemikiran produktif didasarkan pada pengalaman pribadi,
eksperimen, dan wawancara dengan individu yang dianggap pemecah masalah yang
sangat baik, seperti Einstein. Belajar sesuai prinsip gestalt itu didasarkan pada
pemahaman dan terhakikat dari problem. Belajar semacam itu berasal dari dalam
individu dan tidak dipaksakan oleh orang lain sehingga akan mudah
digeneralisasikan dan diingat dalam jangka waktu yang lama.
PROSES
MEMORI, JEJAK, DAN SISTEM
Proses
memori adalah aktivitas otak yang disebabkan oleh peristiwa lingkungan tertentu.
Jejak memori adalah sisa dari proses ingatan yang tetap diotak. Setelah jejak
memori terbentuk, semua pengalaman berikutnya akan melibatkan interaksi antara
proses memori dan jejak memori. System jejak merupakan jejak yang berpengaruh
hasil dari sejumlah pengalaman yang terhubung.
Ingatan
diatur oleh hukum Pragnanz, sehingga kita cenderung mengingat esensi pengalaman
kita. Otak pun bekerja sedemikian rupa untuk membuat ingatan sesederhana dan
sesimetris mungkin dalam keadaan tertentu.
TEORI
LAPANGAN LEWIN
ARISTOTELIAN
VS KONSEPSI SAINS GALILEA
Lewin
(1935) membedakan antara pandangan Aristoteles tentang alam, yang menekankan
esensi dan kategori dalam, dan pandangan Galileo, yang menekankan penyebab luar
dan dinamika kekuatan.
Menurut
Lewin dalam psikologi, jika beralih dari seorang Aristotelian ke perspektif
Galilea akan berarti mengurangi pengertian seperti naluri, tipe, dan akan menekankan
kompleks, gaya dinamis yang bekerja pada individu pada saat tertentu.
RUANG
HIDUP
Ruang
hidup terdiri dari semua pengaruh yang bekerja padanya di waktu tertentu. Pengaruh
ini dimaksudkan dengan fakta psikologis yaitu peristiwa internal, peristiwa eksternal,
dan ingatan tentang pengalaman sebelumnya. Fakta-fakta inilah yang dapat
memengaruhi pemikiran dan perilaku seseorang.
Ruang
kehidupan seseorang tidak hanya mencerminkan peristiwa pribadi, fisik, dan
sosial yang nyata, tetapi juga mencerminkan peristiwa imajiner. Jika seseorang
percaya bahwa dia tidak disukai oleh seseorang, maka keyakinan itu benar atau
tidak, akan memengaruhi interaksinya dengan orang itu. Bagi Lewin, realitas
subjektif mengatur perilaku, bukan realitas fisik.
KONFLIK
1. MENGHINDARI
KONFLIK PENGHINDARAN
Terjadi ketika seseorang ditolak oleh dua tujuan pada saat
yang sama. Contohnya, ketika seseorang tidak cukup belajar untuk ujian dan
mendapatkan nilai yang buruk.
2. PENDEKATAN
PENGHINDARAN KONFLIK
Konflik sulit diselesaikan karena hanya melibatkan satu
tujuan yang membuat seseorang memiliki perasaan campur aduk. Contohnya, menu
T-bone steak adalah hal yang menarik untuk dimakan tetapi itu adalah menu yang
paling mahal.
DINAMIKA
KELOMPOK
Lewin
memperluas prinsip Gestalt ke perilaku kelompok. Ada beberapa kelompok yang
dikemukakan oleh Lewin, Lippitt, dan White :
1. Kelompok
demokratis, di mana pemimpin mendorong diskusi kelompok dan berpartisipasi dalam
membuat keputusan.
2. Kelompok
otoriter, di mana pemimpin membuat semua keputusan dan memberi tahu apa saja
yang harus dilakukan.
3. Kelompok
laissez-faire, , di mana tidak ada keputusan kelompok yang dibuat dan anggota
kelompok dapat melakukan apapun yang mereka inginkan.
DAMPAK PSIKOLOGI GESTALT
Psikologi gestalt dikritik karena
banyak istilah dan konsep sentralnya tidak jelas dan oleh karena itu sulit
dijabarkan secara eksperimental. Disamping kritik itu, teori gestalt jelas
mempengaruhi perkembangan setiap aspek psikologi modern.
PSIKOLOGI
KOGNITIF
Psikologi kognitif mencakup topik-topik
seperti ingatan, pembentukan konsep, perhatian, penalaran, pemecahan masalah,
penilaian, dan bahasa.
PERKEMBANGAN SEBELUM 1950
Perkembang ini dimulai dari JS Mill
(1843-1988) yang menetapkan psikologi sebagai ilmu eksperimental dan mendorong
perkembangan ilmu semacam itu. Kemudian Fechner memimpin Mill dan mempelajari
peristiwa kognitif secara eksperimental. Ebbinghaus juga mempelajari pembelajaran
dan memori secara eksperimental. William James yang mengutip banyak penelitian
tentang kognisi. Sir Frederick Charles Barlett yang mendemonstrasikan bagaimana
memori lebih dipengaruhi oleh pribadi, tema atau skema kognitif daripada hukum
mekanis asosiasi. Pada awal 1926 Jean Piaget
mulai menerbitkan tentang perkembangan intelektual. Gestalter yang berorientasi
kognitif adalah duri untuk behavioris. Pada tahun 1948, Norbert Wiener
mendefinisikan sibernetika sebagai ilmu yang mempelajari tentang struktur dan
fungsi sitem pemrosesan informasi.
PERKEMBANGAN SELAMA TAHUN 1950-AN
Miller ingat bahwa selama tahun
1950-an, “kognisi” adalah kata yang kotor karena psikolog kogntif dipandang
sebagai orang yang tidak jelas, tidak pernah melakukan apa pun yang dapat
diuji. Miller berpendapat bahwa psikologi kognitif modern dimulai selama
simposium tentang teori informasi yang disponsori oleh Massachusetts Institute
of Technology pada 10-12 September 1956. Peserta simposium MIT berbuat banyak
untuk membawa terminologi dan konsep teori informasi dan sibernetika ke dalam
psikologi.
Beberapa contoh yaitu Allen Newell dan
Herbert Simon mempresentasikan makalah tentang logika komputer, Noam Chomsky
mempresentasikan . pandangannya tentang bahasa sebagai sistem aturan yang diwariskan
dan diatur. Kemudian Hebb terus menunjukkan kesediaannya untuk
"memfisiologikan" tentang proses kognitif dan dengan demikian
terlibat dalam pertempuran dengan para behavioris. Selama tahun 1950-an, ahli
teori humanistik seperti Maslow, Kelly, Rogers, dan May terus mengembangkan
ide-ide mereka, seperti yang dilakukan oleh psikolog Gestalt dan psikoanalis.
PERKEMBANGAN SETELAH 1950-AN
Pada tahun 1960 Miller dan koleganya
diterbitkan buku oleh Eugence Galanter dan Karl Pibram yang berjudul "plans
and the structure of behavior" dimana dikatakan bahwa konsep cybermetic
menjelaskan perilaku manusia yang diarahkan pada tujuan lebih baik. Pada tahun
1960 Miller dan Jerome Bruner mendirikan pusat studi kognitif di Harvard. Pada
tahun 1962, Miller menerbitkan sebuah artikel berjudul "Some Psychological
Studies of Grammar" (1962a), yang memperkenalkan analisis nativistik
Chomsky tentang bahasa ke dalam psikologi. Pada tahun 1963 sebagai bukti sejauh
mana psikologi kognitif telah berkembang dan sebagai pengakuan atas peran
Miller dalam kemajuan tersebut, Miller dianugerahi Penghargaan Kontribusi Ilmiah
yang dibedakan oleh APA.
KECERDASAN ARTIFISIAL
Fetzer (1991) mendefinisikan kecerdasan
buatan (AI) sebagai "cabang khusus ilmu komputer yang menyelidiki sejauh
mana kekuatan mental manusia dapat ditangkap melalui mesin" (hal. xvi).
Pada tahun 1950, matematikawan brilian
Alan M. Turing (1912– 1954) mendirikan bidang kecerdasan buatan dalam sebuah
artikel berjudul "Mesin dan Kecerdasan Komputasi," di mana dia
mengajukan pertanyaan, Bisakah mesin berpikir? Krena istilah berpikir begitu
ambigu, Turing mengajukan cara yang objektif untuk menjawab pertanyaannya sendiri.
Kecerdasan artifisial yang lemah
mengklaim bahwa komputer hanya dapat mensimulasikan atribut mental manusia.
Menurut AI yang kuat, pikiran manusia adalah program komputer, dan oleh karena
itu tidak ada alasan program tidak dapat diduplikasi oleh program komputer
nonbiologis lainnya. Untuk pendukung AI yang kuat, komputer tidak mensimulasikan
proses kognitif manusia karena itu hanyalah duplikat.
Tetapi banyak sekali para psikolog dan
filsuf yang bertentangan dengan AI yang menyebutkan manusia sebagai mesin.
PSIKOLOGI PEMROSESAN INFORMASI
Allen Newell, JC Shaw, dan Herbert
Simon menandai transisi antara kecerdasan artifisial dan psikologi pemrosesan
informasi. Mereka mengklaim bahwa pikiran manusia dan program komputer adalah
perangkat pemecah masalah umum. Klaim ini sangat berpengaruh, dan semakin
banyak psikolog mulai mencatat kesamaan antara manusia dan computer yaitu
seperti keduanya sama-sama menerima masukan, memproses masukan itu, memiliki
memori, dan menghasilkan keluaran. Untuk psikolog pemrosesan informasi, istilah
memasukkan berarti rangsangan; keluaran menggantikan istilah tanggapan dan
tingkah laku,; dan istilah seperti penyimpanan, pengkodean, pemrosesan,
kapasitas, pengambilan, keputusan bersyarat, dan program menjelaskan peristiwa
pemrosesan informasi yang terjadi antara input dan output. Psikolog pemroses
informasi biasanya memusatkan penelitiannya pada pemikiran dan perilaku yang
normal dan rasional serta memandang manusia sebagai pencari dan pengguna
informasi yang aktif. Pemrosesan informasi mengikuti tradisi rasionalistik,
dan, seperti kebanyakan teori rasionalis, teori pemrosesan informasi memiliki
komponen nativistik yang kuat.
KEMBALINYA FAKULTAS PSIKOLOGI
Sebagian besar karena hubungannya
dengan frenologi, psikologi fakultas menjadi tidak disukai dan pada dasarnya
dibuang bersama frenologi. Namun dilihat dari psikologi pemrosesan informasi
menandai kembalinya ke psikologi fakultas. Penemuan baru-baru ini bahwa otak
diatur ke dalam banyak "modul" (kelompok sel), masing-masing terkait
dengan beberapa fungsi spesifik seperti pengenalan wajah, ini juga menandai
kembalinya ke fakultas psikologi.
KEMBALINYA MASALAH PIKIRAN-TUBUH
Popularitas semua jenis psikologi
kognitif termasuk psikologi pemrosesan
informasi, membawa masalah pikiran-tubuh kembali ke psikologi. Para behavioris
radikal “memecahkan” masalah pikiran-tubuh dengan mengasumsikan materialisme
atau monisme fisik. Psikologi kognitif, mengasumsikan adanya peristiwa
kognitif. Pada tahun 1970-an sejumlah psikolog pemrosesan informasi yang
mencoba memahami kognisi menggabungkan upaya mereka dengan filsuf, antropolog,
ahli bahasa, ahli saraf, insinyur, dan ilmuwan komputer, sehingga
menciptakan ilmu kognitif.
Yeyyy Semangat UAS💪💗
Komentar
Posting Komentar